skip to Main Content
10 Desain Kitchen Set Minimalis Paling Cocok Untuk Rumah Anda

10 Desain Kitchen Set Minimalis Paling Cocok Untuk Rumah Anda

Tidak heran jika model desain kitchen set minimalis sangat digemari para ibu dan jagoan dapur. Selain tampilan yang sederhana, desain kitchen set minimalis memilik banyak keuntungan mulai dari mudahnya dibersihkan, banyaknya tempat penyimpanan yang bisa dimanfaatkna, dan juga harga pembuatanya yang tidak menguras kantong anda.

Berikut desain terbaru kitchen set minimalis pilihan saya yang bisa jadi ide untuk pembuatan kitchen set anda dirumah.

Beberapa kitchen set minimalis yang akan saya tampilkan disini merupakan desain saya dimana saya juga yang mengerjakan proses produksi dan instalasinya.

1. Model Kitchen Set Minimalis “L” Shape Brown 

Yang pertama adalah kitchen set minimalis dengan bentuk L. Desain dapur ini bisa mengakomodasi kebutuhan memasak dan makan dengan sangat baik.

Dengan sink diujung dapur dan kompor tanam di sisi kanan maka ada cukup banyak “working space” yang tersisa untuk area bekerja.

Tidak lupa dengan adanya bar kecil juga memungkinakn orang duduk santai sambil minum dan menikmati masakan dari sang koki.

Desain kitchen set minimalis ini menjadi semakin hangat karena dipadukan dengan lapisan HPL warna coklat dengan texture kayu.

Meja top table menggunakan solid surface putih menegaskan kesan simple namun elegan. Warna meja putih pada kitchen set akan menjaga kesan bersih dan segar.

Sema area kabinet dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan sehingga tidak ada area yang terbuang. Baik kabinet bawah maupun kabinet atas pada kitchen set ini berfungsi secara maksimal.

Untuk menambahkan kesan minimalis dan luas pada kitchen set ini saya tambahkan sentuhan cermin dengan nuansa coklat atau “brown mirror”.

Tidak lupa lampu LED warna kuning hangat membuat kitchen set ini tampil “bercahaya”. Pendaran cahayanya juga akan membatu menerangi saat seseorang memasak dan bekerja dimeja atas dapur.


2. Kitchen Set Minimalis Lurus Kombinasi


Ini adalah proyek kitchen set yang saya kerjakan untuk sebuah villa di Kuta, BALI. Desain kitchen ini sangat sederhana karena area dapur yang bisa digunakan hanya satu sisi tembok.

Bentuk dasar kitchen set ini adalah lurus, namun karena sisi kanan dan kiri dibuatkan “tall cabinet” atau kabinet tinggi maka secara keseluruhan terlihat seimbang.

Jika anda perhatikan kitchen set ini mampu mengakomodasi banyak hal mulai dari kulkas, microwave, dispenser, kompor tanam 2 tungku, exhaust fan, dan sink dengan kran flexible.


Jika anda butuh bantuan untuk mendesain kitchen set silakan hubungi saya.

Gabriel – 085242414888 (WA/SMS/CALL)

Jasa Desain Kitchen Set


Warna & Texture Material Kombinasi

Untuk mendapatkan kesan minimalis seringkali saya hanya menggunakan maksimal 2 warna untuk kabinet kitchen.

Dalam desain ini saya gunakan lapisan HPL dengan texture kayu coklat dan HPL polos mengkilat dengan warna “cream”. Perpaduan keduanya terasa saling melengkapi karena tetap mengusung nada warna coklat lembut yang sama.


Meja atas kitchen ini menggunakan batu alam granit berwarna hitam. Warna ini ikut mendukung desain interior villa secara keseluruhan yang memiliki beberapa aksen warna gelap.

Desain kitchen set minimalis ini juga dilengkapi meja “island” yang berfungsi sebagai tempat cuci piring dan juga tempat untuk sarapan ringan. Penggunaan kran dengan finishing chrome yang mengkilat mempertegas desain minimalis dari kitchen set ini.

Desain kitchen set minimalis ini bisa anda terapkan juga dirumah anda jika bentuk dapur yang anda inginkan adalah lurus. Jika ruangan anda cukup luas maka anda bisa membuat meja island menjadi sedikit lebih panjang sehingga bisa mengakomodasi lebih banyak tempat duduk.


3. Kitchen Set Minimalis Warna POLOS


Desain kitchen set minimalis berikutnya lebih baik bermain dengan warna polos. Ini adalah desain yang saya buat untuk klien saya yang menginginkan dapur kecil diruang atas rumahnya. Dapur ini bukan dapur utama sehingga tidak akan terlalu sering digunakan untuk memasak masakan-masakan “berat”.

Didesain dapur ini saya hanya menerapkan warna BIRU sebagai warna utama. Untuk mencegah dapur ini terkesan “terlalu” biru maka saya kombinasikan dengan meja dapur berwarna putih. Sebetulnya meja dapur berwarna putih ibsa menyeimbangkan hampir semua warna kabinet dapur.

Bacsplash mozaik menambah “Aksen” kitchen set minimalis

Dinding belakang dibagian tengah dapur ini menggunakan mozaik dengan warna hitam putih. Meskipun hanya bagian kecil namun kermaik mozaik ini berhasil memberi kesan “hidup” pada kitchen set 2 warna ini.

Kecil namun padat. Itulah kalimat yang cocok menggambarkan dapur ini. Meski ukuran kitchen set ini kecil namun berkat desain yang dipikirkan dengan matang maka semua perlatan memasak dapat diakomodasi dengan baik.

Mulai dari sink, kompor, exhaust fan, oven, microwave, dan kulkas bisa terintegrasi dengan baik.

Jangan Lupakan Meja Island

Jika ruangan anda mirip seperti ini, biasanya kitchen set tidak bisa terlalu panjang. maka kita bisa mengakali dengan membuat kabinet island kecil untuk menambah ruang kerja.

Meja island seperti ini sangat fungsional karena selain bisa sebagai tempat kerja, ruang bawahnya bisa dimanfaatkan untuk laci-laci dan ruang penyimpanan lainnya, dan juga tempat duduk-duduk santai disore hari.


4. Kitchen Set Minimalis Kombinasi Kaca & Cermin

Selain minimalis, kitchen set berikut ini membawa kesan modern yang sangat kental.

Kaca dan Cermin pada kitchen set minimalis

Hal pertama yang menarik perhatian dari desain kitchen set minimalis ini adalah penggunaan material kaca dan cermin yang cukup dominan. Pantulan benda-benda dicermin dan kaca yang digunakan menciptakan kesan elegan, modern, dan luas.

Saya menggunakan beberapa jenis kaca dan cermin. Pada kabinet atas dan “tall cabinet” saya menggunakan kaca sandblast buram dan juga kaca polos yang dicat coklat pada satu sisinya.

Untuk bagian backsplash saya gunakan cermin coklat atau “brown mirror”.

Handle Gold Glossy

Untuk mendukung kesan “cling” pada kitchen set minimalis ini saya gunakan handel frame yang berwarna emas mengkilat juga. Perpaduan dengan HPL pucat dengan serat kayu betul-betul cocok dengan nuansa terbuka villa ini.

Jika anda punya ruangan lurus yang cuku panjang, sekitar 4-5 meter, desain kitchen set seperti ini yang saya rasa paling cocok. Dengan desain lurus seperti ini maka dapur anda tidak akan terkesan terlalu “penuh”.


5. Kitchen Set Modern Minimalis PUTIH

Ini adalah salah satu kitchen set minimalis yang membawa kesan “mewah” berkat balutan cat duco putih mengkilat diseluruh permukaanya.

Klien saya untuk proyek kitchen ini memiliki villa yang besar sehingga area dapur bisa mengakomodasi kitchen set minimalis bentuk L yang cukup besar.

Mesi kitchen set ini cukup besar namun bentuknya tidak rumit. Laci-laci dan pintu besar disepanjang kabinet menunjukan banyaknya tempat penyimpanan dari kitchen ini.

Less is MORE tanpa Handle

Jika anda pernah mendengar istilah “”less is more” maka peribahasa itu cukup tepat diterapkan pada kitchen set ini. Jika diperhatikan saya tidak menggunakan handle didalam desain dapur ini. Saya hanya membuat tepi atas tiap pintu dan laci menjadi sedikit miring sehingga jari mampu masuk dan membukanya.

Nah berkat celah-celah untuk membuka pintu dan laci ini kita bisa melihat  jalur garis sepanjang kitchen yang memberi kesan minimalis dan “menyatu”.

Untuk mendapatkan warna putih yang mengkilat dan terkesan mewah, finishing jenis cat duco adalah pilihan yang tepat.

Warna meja top table sengaja dibuat coklat agar mirip dengan warna lantai keramiknya. Backsplash cermin coklat juga menegaskan kesan coklat diruangan ini.

Jika anda memiliki ruangan yang cukup besar sebagai kitchen set minimalis anda, jangan pelit-pelit menggunakan ruang itu.

Dengan kitchen set seluas ini anda tidak akan bosan berlama-lama di dapur bahkan jika ada lebih dari 1 orang bersamaan.


6. Kitchen Set Minimalis “U” Shape

Akhirnya kita pada sampai bentuk kitchen set minimalis dengan bentuk U. Desain dapur dengan bentuk U memiliki banyak kelebihan yang menyenangkan.

Pertama, kitchen dengan bentuk U memudahkan aktifitas memasak kita karena kita tidak perlu berpindah-pindah terlalu jauh ketika sedang bekerja. Tinggal balik badan dan jalan sedikit kita sudah bisa berpindah dari depan sink ke depan kompor.

Kedua, kitchen set dengan bentuk U dapat menghemat ruangan. Artinya adalah anda bisa memanfaatkan ke-3 sisi tembok U anda sehingga semuanya berfungsi dengan baik tanpa harus membuat kabinet tambahan lainnya diluar ruangan.

Ketiga, dapur dengan bentuk U akan terlihat seperti satu ruangan sendiri sehingga dapur benar-benar bisa terlihat terintegrasi dengan rumah.

Kitchen set ini menggunakan material HPL sebagai bahan lapisan luarnya. Seperti bisa anda perhatikan jika diaplikasina dengan baik HPL tetap mampu membawa kesan “mahal”dan minimalis.

Pemilihan warna HPL juga sangat berpengaruh pada tampilan akhir dari sebuah dapur. Jika rumah anda terdiri dari banyak furniture yang bernuansa kayu asli atau menggunakan lantai kayu, maka pilihlah HPL dengan texture yang agak kabur sehingga tidak “balapan” dengan furniture kayu lainnya.

Plint Top Table Yang TEBAL

Meja dapur ini menggunakan solid surface putih. Jika diperhatikan meja dapur ini memiliki tebal yang lebih besar dari pada dapur pada umumnya. Tebal plint atau pinggirian meja dapur ini adalah 10 cm.

Penebalan ini mampu membuat dapur terkesan seimbang dan kokoh. Penebalan ini juga saya lakukan agar bisa terlihat proporsional dengan kabinet kulkas dan kabinet tinggi lainnya yang berukuran cukup besar.


7. Kitchen Set Minimalis dengan Island Bar

Bentuk lurus kabinet bawah dan kabinet atas terasa seirama dan sederhana. Penambahan meja island sekaligus bar melengkapi  keseimbangan dapur ini.

Paduan warna putih di sisi bawah dengan texture coklat dikabinet atas bisa membuat dapur ini jadi hidup atau tidak kaku.


8. Desain Kitchen Set Putih Abu

Salah satu kombinasi yang banyak digunakan untuk menampilkan kesan minimalis pada dapur adalah penggunaaan warna putih dan abu.

Ke-2 warna ini mampu membawa tampiplan yang menawan namun tidak dingin. Warna putih yang dominan pada pintu-pintu kabinet akan mampu menonjolkan aksen abu pada meja atas dapur dan dinding belakangnya.


9. Kitchen set Minimalis Warna Cerah

Jangan takut untuk bermain dengan warna yang kuat dan cerah. Penggunaaan material akrilik dan kaca berwarna juga mampu membuat dapur anda terasa nyaman.

Jika anda ingin bermain dengan warna-warna yang “bernai” pastikan anda memadukannya dengan warna putih juga sehingga desain keseluruhan tetap seimbang.

Jangan padukan 2 warna cerah dalah 1 kitchen. Misalnya jangan gunakan warna merah terang dan hijau terang bersamaan, kecuali anda memang punya konsep yang kuat. Jika tidak kitchens set anda akan terlihat norak.


10. Kitchen Set Minimalis Abu Gelap


Kitchen set dengan warna gelap atau abu seperti ini mulai menjadi tren saat ini. Jika anda suka warna-warna gelap pada kabinet kitchen anda maka pastikan bahwa ruangan anda mendapat cahaya yang cukup dan cat dindingnya beerwarna terang. Jika tidak maka kitchen anda akan terlihat suram.


Jika anda butuh bantuan untuk mendesain kitchen set , silakan hubungi saya.

Gabriel – 085242414888 (WA/SMS/CALL)


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top