skip to Main Content
6 Bahan Untuk Top Tabel Kitchen Set

6 Bahan Untuk Top Tabel Kitchen Set

Bagian terpenting dari sebuah kitchen set selain kabinet adalah Top Table atau meja dapur. Di top table kitchen inilah hampir semua kegiatan memasak terjadi. Maka pastikan anda menggunakan bahan top table kitchen set yang kuat, terlihat bagus, dan fungsional.

Dalam artikel ini saya akan jelaskan 6 bahan top table kitchen set yang bisa digunakan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya.

1. Granit

Granit adalah salah satu bahan top table kitchen set yang paling sering digunakan. hampir 50% dari proyek kitchen set yang saya kerjakan menggunakan granit sebagai bahan top tablenya.

Bukan tanpa alasan banyak orang memilih granit. Granit yang merupakan batu alam yang memiliki karakter yang kuat, kaku, dan “sejuk”. Ada banyak pilihan corak dan warna granit yang bisa anda pilih untuk top table kitchen anda.

Apa yang saya suka dari granit?

  • Granit membawa kesan kokoh dan mewah saat dipadukan dengan kabinet kitchen.
  • Karena karakternya yang keras granit bisa tahan selama bertahun-tahun.
  • Jika pemakaiannya rapih maka granit minim perawatan.
  • Selalu terasa “sejuk” atau “dingin” saat disentuh.
  • Tersedia dari harga yang murah hingga yang mahal.
  • Cukup tahan terhadap goresan-goresan benda tajam.

Meski banyak kelebihan dari bahan granit sebagai top table kitchen set namun ada juga beberapa kekurangannya.

  • Pori-pori yang bisa menyerap cairan. Meski pori-pori granit tidak terlalu besar, namun pori-pori itu sudah cukup untuk menyerap cairan berwarna seperti kopi, susu, atau minyak.
  • Jika granit sudah menyerap cairan berwarna atau minyak dan membekas, sangat sulit untuk di bersihkan.
  • (Pendapat pribadi)Banyak kitchen set menggunakan granit warna abu (granit starwhite) dan warna hitam sehingga saya terkesan sedikit “pasaran” menurut saya. Padahal tersedia banyak corak dan warna granit lainnya.
  • Karena berpori makan jika area kitchen anda lembab maka beberapa granit bisa berubah warna menjadi lebih gelap.
  • Sambungan granit selalu kelihatan. Jika kitchen set anda lebih panjang dari granit atau kitchen set anda berbentuk L atau U maka sambungan di bagian siku akan terlihat dan membuat kithcen jadi kurang cantik.

Kekurangan-kekurangan granit diatas bisa diatasi jika anda memperlakukan top table granit anda dengan baik dan telaten. Granit merupakan bahan unggulan untuk top table kitchen yang bisa anda gunakan.

Granit merupakan bahan yang cukup berat, maka pastikan kabinet kitchen anda terbuat dengan baik dan kokoh agar bisa menopang granit dengan baik.

2. Solid Surface

Solid surface adalah top table buatan yang bahan utamanya adalah resin dan akrilik. Bahan ini bisa dicetak dengan ukuran, bentuk, dan warna yang bermacam-macam.

Saat ini penggunaan solid surface sebagai bahan top table kitchen mulai meningkat pesat. Banyak klien saya pun mulai beralih dari granit ke Solid Surface.

Berikut beberapa keunggulan Solid Surface.

  • Karena terbuat dari resin dan campuran beberapa bahan kimia lain maka Solid Surface tidak memiliki pori. Ini merupakan salah satu keunggulan utama. Karena tidak berpori maka Solid Surface tidak akan menyerap cairan berwarna seperti kopi, teh, dan minyak.
  • Tidak akan ada sambungan yang terlihat. Meskipun pada faktanya solid surface akan di sambung pada bagian-bagian kitchen tertentu namun sambungan ini tidak akan terlihat.
  • Terlihat elegan dan mewah.
  • Bahannya cendrung ringan sehingga tidak terlalu membebani kabinet dibawahnya.
  • Harganya cukup terjangkau jika dicetak oleh tkang Lokal.
  • Cukup tahan gores.
  • Jika tergores lebih mudah diperbaki dan dipoles kembali ketimbang granit.
  • Bisa dibuat warna apa saja.

Kekurangan Solid Surface.

  • Solid Surface pabrikan seperti merek Corian memang tidak berpori, namun jika solid surface dibuat oleh tukang lokal kemungkinan kecil kadang pori-pori masih ada. Namun sangat jauh lebih kecil dibandingkan granit.
  • Harga cendrung lebih mahal dari granit yang paling murah. Maksudnya ada granit yang lebih murah dari Solid Surface, namun ada juga yang jaul lebih mahal.
  • Solid Surface yang dicetak oleh tukang lokal dan tidak berpengalaman bisa menjadi kusam lama-kelamaan.

Nah hal yang perlu anda tahu mengenai Solid Surface adalah, setau saya di Indonesia ada 2 jenis solid surface yang beredar.

Pertama solid surface pabrikan. Solid surface pabrikan ini sudah dijual lembaran atau bisa juga pesan ukuran custom. Salah satu merek yang terkenal adalah “Corian Solid Surface”. Nah Solid Surface pabrikan ini memiliki semua keunggulan solid surface. Namun harganya tergolong cukup mahal.

Kedua adalah solid surface cetakan manual oleh tukang lokal. Ini berarti solid surfacenya dicetak menggunakan alat-alat yang lebih konvensional. Hasilnya tidak sebagus Solid Surface pabrikan namun harganya jauh lebih murah. Saya pribadi memiliki tukang yang mencetak solid surface untuk proyek-proyek top table kitchen set saya.

3. Marmer

Marmer adalah salah satu jenis batu alam yang lain. Karakternya hampir mirip dengan batu Granit namun pori-pori marmer terbilang lebih besar daripada Granit. Sehingga saya jarang menggunakan Marmer untuk top table kitchen set.

Marmer tidak sekuat dan tidak sepadat batu Granit.

Salah satu keunggulan amrmer adalah teredianya lempengan marmer berukuran besar sehingga dalam banyak kasus tidak perlu ada sambungan. Dan tidak ada corak marmer yang sama sehingga semua top table marmer pasti berbeda dan unik.

Ada beberapa jenis marmer yang masih saya gunakan seperti marer Carrara (warna putih dengan corak abu kehitaman) karena porinya masih masuk akal untuk top table kitchen set.

Marmer lebih sering digunakan sebagai bahan lantai atau tembok.

4. Beton dan Keramik

Banyak rumah sudah memiliki meja beton dengan lapisan keramik. Sehingga seringkali saya hanya membuatkan kabinet dibawahnya saja.

Kelebihan pengguaan beton dan keramik adalah harganya terbilang cukup murah jika memang sudah dikerjakan sejak pembangunan awal rumah anda. Selain itu beton dan keramik juga cukup tahan lama dan minim perawatan. Karena kebanyakan keramik anti gores maka anda tidak perlu terlalu khawatir terhadap goresan benda tajam.

Jika pemilihan keramiknya bagus maka bahan top table kitchen set menggunakan beton dan keramik bisa terlihat cantik.

Masalahnya adalah seringkali pemilihan keramik untuk meja beton ini tidak dipikirkan baik-baik. Jenis keramik yang digunakan biasa “ngasal” atau disamakan dengan kermaik lantai saja sehingga kitchen set tidak terlihat “wah” atau manis.

Kekurangan lain adalah karena terbuat dari beton maka top table kitchen akan terlihat tebal. Bisa sekitar 6-10 cm.

Saya secara pribadi kurang suka bahan top table kitchen set menggunakan beton dan keramik karena tidak terlalu fleksibel dan cendrung mengurangi kecantikan desain dan tampilan kitchen.

5. Kayu Solid

Kayu solid merupakan bahan yang terlihat sangat cantik dan alami.

Kayu solid juga tidak terlalu berat dan memiliki texture kayu alami yang membawa nuansa hangat. Jika pimilihan kayu tepat maka bahan ini bisa tahan cukup lama.

Selama saya mengerjakan proyek kitchen set selama 8 tahun terakhir saya beberapa kali menggunakan kayu solid sebagai bahan top table kitchen set saya.

Menurut saya jika kitchen anda adalah kitchen kering, dimana anda tidak memasak dan mencuci piring terlalu sering maka tidak maslah menggunakan kayu sebagai bahan top tablenya.

Namun jika ini adalah kitchen utama dimana anda sering memeasak dan mencuci piring maka saya tidak menyarankan kayu solid sebagai bahan top tablenya. Kenapa? Karena banyak kayu solid tidak terlalu tahan terhadap situasi lembab dan goresan benda-benda tajam.

Jika sering terpapar air kayu solid cendrung berubah warna dan mulai “berjamur”.

Karena banyak kayu yang dijual dipasaran juga kualitasnya tidak bagus  atau tidak benar-berna kering, maka top table kayu solid bisa melengkung atau berubah bentuk lama -kelamaan.

6. Stainless Steel

Bahan top table kitchen stainless steel sebenarnya jarang digunakan dirumah-rumah pribadi. Stainless steel sering digunakan di dapur-dapur restoran besar.

Penggunaan stainless steel dihunian pribadi sepertinya kurang cocok karena karakter dari bahan ini yang dingin dan kaku.

Meskipun demikian bahan ini cukup tahan terhadap air, panas, dan jamur.

Kesimpulan

Nah itulah 6 bahan top table kitchen set terbaik versi saya. Saya menyarankan anda memilih Granit atau Solid Surface untuk top table kitchen anda. Keduanya terbukti memiliki karakter yang kuat, awet, dan mudah perawatannya.

Jka anda memiliki pertanyaan lain mengenai kithcen set silakan hubungi saya melalui halaman “Hubungi”.

This Post Has 2 Comments
  1. Halo salam kenal…
    Bagaimana dg quadra? Lbh bagus mana solud surface atau quadra utk kitchen too table? Terimakasih sebelumnya

    1. Sy belum pernah pake quadra tp lihat barangnya sepertinya bagus juga. Kalo d bandingkan solid surface cetak manual lokal ya bagusan quadra.
      Tp kalo d bandingkan solid surface bermerek pabrikan sepertinya sama2 bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top