7 Trend Desain Kitchen Set Yang Ketinggalan Jaman

Jangan Bikin Desain Kitchen Set Kamu Ngebosenin – Hindari 7 Trend Ini!

Trend desain kitchen selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Desain dapur yang dulunya populer bisa jadi sudah mati gaya di tahun 2022 ini. Nah meski desain kitchen banyak bergantung pada selera anda mari lihat 7 trend yang terlalu sering digunakan sehingga jadi nge”bosenin”.

1. Kabinet Tertutup

Alasan banyak desain kitchen set dibuat dengan panel pintu tertutup adalah agar tidak terlihat berantakan. Artinya peralatan dapur akan benar-benar tidak terlihat ketika semua kabinet dapur tertutup.

Namun ingat bahwa fungsi kitchen sudah mengalami pergeseran. Dari yang tadinya hanya untuk memasak sekarang dapur justru menjadi bagian estetis dari sebuah rumah yang justru ingin dipamerkan.

Jadi gunakanlah beberapa kabinet terbuka atau ambalan dinding yang dengan sengaja akan memamerkan perabotan dapur kamu. Tentu kamu harus memilih perabotan atau aksesoris yang cantik untuk area terbuka pada kabinet dapur ini.

ambalan kitchen terbuka

 

Klik disini untuk melihat prabotan dapur estetis

2. Kitchen Set Serba Putih

Memang dapur serba putih terlihat cantik. Tapi kalo boleh jujur dapur serba putih lama-lama akan ngebosenin.

Meski tidak ada salahnya menggunakan warna putih pada dapur anda coba kombinasikan dengan warna-warna berani sehingga dapur kamu akan punya aksen. Warna-warna cerah pastel seperti orange, hijau lumut, biru awan, dan kuning cerah bisa bikin dapur kamu beda dan unik dari dapuer temen-temanmu.

Jika kamu type orang yang berani, gunakanlah warna yang “nonjok” disebagian besar kabinet dapur. Tapi kamu perlu hati-hati juga, jangan kelewat bernai sampai malah jadi norak.

kitchen set biru awan

3. Desain yang Kelewat “RAME” Alias Norak

Banyak desain dapur terlihat seperti susunan permainan “Lego” alias terlalu banyak detail kecil yang tidak ada fungsinya.

Kadang desainer dapur yang tidak mengikuti trend suka menggunakan aksen-aksen desain yang norak seperti terlalu banyak pintu dengan ukuran yang berbeda-beda, penggunaan lebih dari 4 warna untuk 1 dapur, pembagian kabinet yang tidak simetris, dan banyak hal lainnya.

Belakangan desain dapur yang disukai adalah yang sederhana dan fungsional. Tidak masalah jika dapur ini memiliki satu atau dua detail yang sebagai aksen selama tidak mendominasi desain keseluruhan.

4. Mini Bar Tinggi

Pada desain dapur-dapur lama, ada banyak mini bar yang dibuat lebih tinggi dari pada meja dapur. Desain ini sudah ketinggalan jaman dan tidak effisien secara fungsi.

Selain mini bar yang tinggi ini menutupi desain dapur dibelakangnya, seringkali mini bar tidak digunakan karena tingginya tidak nyaman untuk dapur rumahan.

Gunakan mini bar dengan tinggi yang sama dengan kabinet dapur lainnya, dengan begini mini bar ini bisa dijadikan area makan pagi atau nongkrong santai tanpa menutupi dapur dibelakangnya.

mini bar meja makan

5. Penggunan Granit Dan Marmer

Ke-2 material untuk meja dapur ini tidak salah. Tapi tahukah anda sekarang ada banyak sekali pilihan lain untuk bahan meja dapur.

Bahan-bahan baru dan moderen ini mungkin sedikit lebih mahal namun memiliki kelebihan yang tidak dimiliki granit dan marmer, yaitu tidak berpori, cendrung lebih ringan, dan tahan gores juga panas.

Batu buatan atau enginered stone sudah tersedia diIndonesia salah satunya merek Quadra. Ada juga bahan bernama Solid Surface yang terbuat dari campuran resin dan akrilik. Rajin-rajinlah mencari info soal bahan-bahan meja dapur terbaru yang tersedia didaerah kamu.

 

6. Backsplash Keramik Subway dan Mozaik

Dinding belakang dapur adalah bagian penting dari desain kitchen. Beberapa tahun yang lalu pengguaan keramik subway atau mozaik masih menjadi trend.

Nah untuk membuat dapur kamu terkesan modern dan gak ketinggalan jaman gunakanlah bahan yang sama untuk dinding belakang dengan meja dapur. Misalnya jika kamu menggunakan batu buatan putih untuk meja dapur, gunakan bahan yang sama juga untuk dindingnya.

Kamu juga bisa menggunakan material lain seperti kaca cermin dengan tone warna abu, bronze, atau hitam.

Dengan begini meja dapur dan dinding belakangnya akan terlihat seperti satu kesatuan dan jelas membuat dapurmu terlihat lebih mewah dan “mahal”.

7. Teralu Banyak Lampu

Ingat, ini Dapur bukan diskotik. Jadi tidak perlu menggunakan lampu secara berlebihan.

Gunakan lampu LED strip untuk memberi aksen garis lurus pada sisi bawah dari kabinet atas. Lampu downlight memang  populer pada masanya, tetapi tampaknya sekarang tidak lalu terlalu cocok untuk desain dapur modern.

kitchen set minimalis lampu led

7. Rangka Meja Beton

Maafkan saya mengatakan ini, meja beton itu sudah ketinggalan jaman.

Kitchen set modern tidak memerlukan meja beton sebagai rangka penguat atau penopang material top tablenya. Top table bisa langsung diletakan diatas kabinet. Dengan begini desain dapur anda akan telrihat lebih rapi dan minimalis.

Kesimpulan

Ke-7 trend desain kitchen set yang sudah kami bahas tidaklah sepenuhnya buruk. Bahkan sebagian masih sering digunakan untuk membuat kitchen set. Namun dengan mengetahui trend kitchen terbaru anda akan memiliki dapur yang lebih dinamis dan tidak pasaran.

User Rating: Be the first one !

About admin

Check Also

14 Rahasia Menata Dapur Kecil Tapi Rapi Beserta Contohnya

Tantangan terbesar bagi anda pemilik dapur kecil adalah menjaganya tetap rapi sepanjang waktu. Karena ukurannya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.