14 Rahasia Menata Dapur Kecil Tapi Rapi Beserta Contohnya

Tantangan terbesar bagi anda pemilik dapur kecil adalah menjaganya tetap rapi sepanjang waktu. Karena ukurannya, dapur yang kecil mengharuskan kita mampu memanfaatkan setiap sudut dengan seefektif mungkin.

Sebagai orang yang sudah mendesain dapur selama 10 tahun lebih, saya senang berbagi pengalaman dalam menangani masalah kerapian didapur kecil.

Berikut 14 cara praktis yang ampuh untuk menata dapur kecil tapi rapi!

1. Pastikan Kabinet Atas Mentok Ke Plafon

Tinggi dari lantai ke plafon pada rumah-rumah Indonesia adalah 2,8-3 meter. Namun banyak pembuat dapur seringkali membuat dapur dengan tinggi maksimal 2,4 meter sehingga menyisakan ruang kosong di sisi atas.

Sebetulnya tinggi dapur 2,4 meter adalah wajar jika memang ruangan anda luas. Namun untuk dapur yang kecil maka semua ruangan sangat berharga.

Dengan membuat kabinet sampa plafon kita akan mendapat ruangan ekstra untuk menyimpan peralatan dapur. Dengan demikian dapur kecil akan terlihat rapi karena tidak ada perlatan yang disimpan di atas meja dapur.

2. Jangan Biarkan Kabinet Sudut Dapur Jadi Mubazir

Jika desain dapur kecil anda berbentuk L maka pasti ada sudut yang terbentuk. Memang sudut kabinet bawah ini cendrung lebih sulit diakses. Namun ruang sudut ini bisa menjadi tempat penyimpanan panci atau bahkan gas.

Jika mau digunakan sebagai tempat penyimpanan panci-panci besar maka gunakan rak putar atau rak sudut dapur. Rak pabrikan yang ada dipasaran sudah didesain agar bisa masuk dan keluar dari sudut dengan ergonomis.

Sudut dapur juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan tabung gas. Dengan demikian anda bisa memanfaatkan kabinet bawah kompor untuk penyimpanan bahan makanan atau peralatan dapur lainnya.

3. Gunakan Dinding Backsplash Dapur Kecil Untuk Penyimpanan

Agar dapur kecil bisa tetap rapi kuncinya adalah memastikan semua peralatan memiliki tempatnya. Nah dinding backsplash yaitu dinding antara kabinet bawah dan atas seringkali tidak dimanfaatkan. Padahal area ini bisa dijadikan tempat menggantng beberapa alat masak.

Caranya bagaimana?

Anda tinggal membeli braket batau kait penggantung. Sudah banyak yang menjual bar atau tiang gantungan untuk area backsplash.

Anda bisa menggantung beberapa panci kecil, sutil, sendok besar, dan lap-lap dapur.

4. Gunakan Kotak Kompartemen Di Dapur Sebisanya

Kadang kabinet dapur terlihat penuh ketika sudah diisi barang-barang. Padahal jika di buat lebih effisian maka masih ada ruang untuk lebih banyak barang.

Solusi praktis dapur kecil tapi rapi adalah penggunaan kotak kompartemen untuk bahan-bahan memasak dan juga perlatana dapur.

Kotak-kotak pelastik seperti ini sangat banyak pilihannya. Dapur anda pasti akan kelihatan jauh lebih rapi dengan menyimpan barang-barang sesuai kategorinya.

Misalnya gabungkan semua bumbu-bumbu kering ke satu kotak, botol-botol besar ke kotak lainnya. Simpan gelas-gelas tinggi di satu kotak sendiri dan cangkir-cangkir dikotak lainnya.

Anda akan terkejut bahwa ternyata didalam kabinet dapur yang kecil ternyata mampu menyimpan cukup banyak hal dengan bantuan kotak kompartement ini.

5. Jangan Beli Perlatan Dapur Jika Tidak Akan Dipakai

Nah ini penyakitnya para ibu-ibu (maafkan saya istri ku) hehe

Kalo sudah liat panci murah, piring cantik, gelas promo, luluh sudah hatinya. BORONGGGG. Walaupun gak butuh-butuh amat.

Dapur kecil artinya penyimpanan sedikit. Maka kendalikan keinginan membeli peralatan yang tidak akan sering dipakai.

Semakin banyak anda membali perlatan dapur maka akan jadi semakin berantakan dapur kecil anda karen kehabisan tempat penyimpanan.

6. Pastikan Area Meja Dapur KOSONG supaya RAPI

Rapi tidaknya sebuah dapur kecil seringkali dilihat seberapa kosong area top tablenya.

Jika anda mulai menyimpan barang-barang di atas meja ini maka dapur anda yang sudah kecil akan terlihat, ramai, sempit, padat, dan berantakan.

Maka disiplinlah dalam menjaga meja atas dapur anda. Sebisa mungkin simpan semua peralatan dapur termasuk rice cooker di dalam kabinet jika sedang tidak digunakan.

Tentu anda bisa membiarkan satu atau dua teko berisi air dan1 gelas terimpan dia tas meja.

7. Dapur Keci Jangan Pakai KOMPOR Raksasa

Agar dapur kecil tetap rapi anda harus siap berkompromi. Jika anda merasa bahwa kompor 1 tungku yang kecil sudah cukup untuk mengakomodasi aktivitas memasak anda, maka pilihlah itu.

Percayalah bahwa kompor yang kecil akan sangat menolong. Kenapa? Karena dengan kompor yang kecil maka anda akan mendapat lebih banyak area kerja pada top table.

Akan ada peralatan masak yang kemungkinan besar akan selalu anda simpan di atas meja dapur, yaitu rice cooker. Jika kompor anda terlalu besar, di tambah dengan rice cooker yang selalu standby , maka habislah meja dapur anda. Hilanglah kesan rapi dari dapur mungil anda.

8. Sink Kecil Tapi Fungsional

Setelah memilih kompor kecil saatnya memastikan sink juga kecil.

Kenapa sih harus pilih yang kecil-kecil? Namanya aja dapur kecil. Jika anda pilih kompor dan sink besar ya penuh dong meja dapurnya. Meja dapur yang penuh akan terkesan berantakan saat anda memasak.

Nah dengan sink cuci piring yang kecil memang anda harus menyesuaikan proses cuci piring anda. Gunakan lap microfiber untuk tempat tirisan di samping sink.

Pilihlah sink yang agak dalam agar air tidak terciprat keluar pada saat mencuci.

9. Laci – Rajanya Penyimpanan Pada Dapur Mungil

Pintu atau laci? Jika memungkinkan gunakanlah lebh banyak laci pada desain dapur kecil anda. Kenapa? Laci memungkinkan kita menyimpan barang dengan lebih rapi dan maksimal.

Pastikan anda memiliki laci yang rendah untuk sendok dan garpu. Juga laci yang sedang untuk piring, cangkir, gelas, dan mangkok. Lalu laci yang cukup dalam untuk penyimpanan panci-panci besar.

Berikan sekat-sekat pada laci agar anda lebih mudah mengorganisir perlatan amsak anda dengan rapi.

10. Manfaatkan Ambalan Untuk Dapur Kecil

Bagian dalam kabinet atas biasanya akan berisi ambalan-ambalan. Namun kadang jarak antar ambalan ini terlalu besar sehingga banyak ruang yang jadi mubazir.

Perkecil jarak ambalan sehingga lebih banyak tingkatan ruangan yang bisa anda dapat. Tentu kita juga harus biarkan beberapa ambalan memiliki jarak yang cukup untuk barang yang tinggi.

Namun kebanyakan bahan makanan, bumbu, dan perlatan dapur lainnya ukuranya cukup pendek sehingga tidak butuh ambalan dengan jarang yang terlalu tinggi.

11. Dapur Kecil Tapi Rapi Dengan Ambalan Gantung Terbuka

Tadi kita bahas ambalan dalam kabinet sekarang kita bahas ambalan diluar kabinet.

Jika ada ruang atau sisi kosong didapur anda yang kecil, cobalah memasang beberapa ambalan terbuka.

Cara praktis ini akan sangat menolong untuk menjaga dapur kecil tetap rapi dan tertata. Ambalan terbuka seperti ini sangat cocok untuk menyimpan barang-barang kecil yang sering kali tercecer di area dapur.

12. Berdamai Dengan Kulkas

Urusan kulkas kadang suka bikin pusing. Kenapa? Bukan dapur namanya jika tidak ada kulkas. Tapi karena area dapur kecil makan akan jadi sempit jika ada kulkas.

Jika kulkas ada didapur artinya dapur akan menjadi lebih sempit. Dapur sempit cendrung jadi lebih berantakan karena berkurangnya tempat penyimpanan.

Solusinya apa?

Pertama jika kulkas memang harus ada diarea dapur pilihlah kulkas dengan lebar terkecil yang ada dipasaran. Setau saya ada kulkas yang lebarnya 55 cm. Setelah itu desain dapur anda seefisien mungkin.

Sangat disarankan menggunakan jasa desain dapur seperti saya (maafkan saya karena promo hihi)

Kedua, letakan kulkas dilaur dapur tapi masih cukup dekat untuk diakses. Dengan begitu anda akan emndapat lebih banyak ruang kerja didapur dan juga tempat penyimpanan. Hasilnya dapur kecil bisa tetap rapi.

13. Tabung Gas – Pemakan Tempat yang Dibutuhkan

Tabung gas vital buat memasak tapi memakan cukup banyak tempat didapur kecil. Jika tabung gas ada diluar maka kabinet dapur bisa sepenuhnya buat penyimpanan sehingga tidak ada barang tercecer. Rapi bukan.

Jika ada tempat di luar dapur maka simpanlah tabung gas disana. Namun jika tidak ada maka mungkin anda bisa simpan di bawah kompor atau sudut L kabinet dapur jika ada.

14. Dispenser, Oven, dan Microwave Taruh Dimana?

Agar dapur anda tetap rapi semua peralatan memasak dan penunjangnya harus dipikirkan letaknya.

Maka ebelum membuat dapur coba anda pikir-pikir apa saja senjata memasak anda dan kira-kira mau diletakan dimana.

banyak orang baru memikirkan ini setelah dapur mereka jadi. Ujung-ujungnya bingung karena kepenuhan. Akhirnya dpur jadi terkesan berantakan dan tidak tertata.

Jika anda butuh jasa desain dapur profesional dengan harga bersahaba segera hubungi saya ya guys.

About admin

Check Also

77 Desain Dapur Minimalis Modern & Sederhana TERBAIK

Desain Dapur Minimalis Mulai Dari Modern Sampai Sederhana Desain dapur minimalis mejadi pilihan favorit bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.