skip to Main Content

Daftar & Cara Hitung Harga Kitchen Set Minimalis Per Meter LENGKAP

Mau punya kitchen set minimalis tapi gak tau harganya? Mampir ke showroom kitchen set takut harganya kemahalan? Mau cari tukang buat kitchen set tapi gak ada kenalan? 

Nah jika anda sedang mencari tahu cara menghitung kitchen set anda atau daftar harga kitchen set per meter maka anda berada di halaman yang TEPAT.

Di artikel ini kami akan memandu anda step-by-step untuk mengetahui berapa dana yang anda butuhkan untuk membuat kitchen set anda sendiri dirumah. Kami akan memberi tahu cara praktis bagaimana anda sendiri bisa menghitung harga kitchen set yang anda butuhkan tanpa bantuan jasa profesional.

Di artikel ini juga kami akan sediakan daftar harga kitchen set minimalis per meter sebagain acuan anda dalam menghitung harga kitchen set. Mari Kita Mulai!

1. Elemen-Elemen Kitchen Set

Sebelum melihat daftar harga dan cara menghitung kitchen set, ada beberapa istilah yang perlu anda ketahui untuk memudahkan proses ini.

Mari perhatikan beberapa istilah berikut.

  1. Meter Lari atau m’. Satuan yang seringkali digunakan untuk menghitung kitchen set adalah meter lari, BUKAN meter persegi. Istilah meter lari berarti yang di hitung hanya PANJANGNYA saja, BUKAN panjang kali lebar atau panjang kali tinggi. 
  2. Kabinet Bawah/Kabinet Lantai. Ini memaksudkan lemari/kabinet bagian bawah dari kitchen set yang berada atau menyentuh dilantai.
  3. Kabinet Atas/Kabinet Dinding/Kabinet Gantung. Ini memaksudkan lemari/kabinet bagian atas yang biasanya ditempel/digantung di dinding.
  4. Kabinet Tinggi/Kabinet Tower. Ini memaksudkan lemari/kabinet yang berbentuk vertikal mulai dari bawah sampai ke bagian atas. Kabinet ini bisa menjadi tempat menyimpan oven, microwave, atau bahkan sebagai rumah kulkas dan dispenser.
  5. Table Top/Counter Top. Ini memaksudkan bagian meja kitchen yang letaknya akan bertumpu pada KABINET BAWAH.
  6. Backsplash. Ini memaksudkan tembok belakang di antara Kabinet Bawah dan Kabinet Atas.
  7. Lampu. Penerangan yang digunakan entah didalam atau diluar kabinet.

Sekarang anda sudah tau elemen-elemen yang menjadi bagian dari suatu kitchen. Maka mari lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Ketahui Ukuran Ruangan

Agar bisa mulai menghitung harga kitchen set, anda perlu tau ukuran ruangan di mana kitchen set nantinya akan berada. Masing-masing dari anda tentu akan memiliki bentuk, desain, dan ukuran ruangan yang berbeda. Namun cara menghitung ukuran ruangan anda pada dasarnya tidak terlalu berbeda.

Langkah-langkah mengukur ruangan kitchen set adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan meteran dengan kapasitas minimal 5m.
  2. Ukur tiap sisi ruangan anda mulai dari panjang, lebar dan tinggi.

3. Tentukan Desain dan Kebutuhan Kitchen Set Anda

Nah setelah tau ukuran ruangan kitchen set, sekarang anda perlu menentukan Desain Kitchen Set yang anda inginkan disesuaikan kebutuhan dan besar/kecilnya ruangan anda.


Jika anda membutuhkan jasa desain kithcen set yang terjangkau silakan hubungi kami. Kami menyediakan jasa desain kitchen set dengan harga yang sangat terjangkau. Anda akan mendapatkan gambar perspektif 3d, gambar kerja 2d, dan estimasi harga. 

Gabriel – 085242414888 (WA/CALL/SMS)


Pada umumnya bentuk kitchen set terdiri dari beberapa bentuk dasar. 

  1. Bentuk Lurus. Kitchen set hanya berada pada satu sisi ruangan.
  2. Bentuk L. Kitchen set berbentuk huruf L jika dilihat dari atas. Biasanya mengisi 2 sisi tembok.
  3. Bentuk U. Kitchen set berbentuk huruf U jika dilihat dari atas. Biasanya mengisi 3 sisi tembok atau hanya 2 sisi dan sisi ke-3 menjadi meja makan atau bar.

Nah bentuk kitchen set mana yang cocok untuk ruangan anda?

Kebutuhan Kitchen Set!

Perlu juga anda perhatikan hal-hal yang vital dalam kitchen set anda yaitu penempatan posisi kompor dan sink (tempat cuci piring). Kenapa ke-2 item tersebut sangat penting penempatannya? Karena 90% kegiatan di dapur adalah memasak dan mencuci perangkat dapur anda seperti piring, gelas, panci, dan lain-lain. Maka jika anda salah menempatkan ke-2 item ini maka dapur anda tidak akan nyaman untuk di gunakan.

Selain itu ada elemen-elemen pelengkap dapur yang vital juga seperti kulkas, dispenser air, dan gas. Elemen-elemen ini juga perlu di perhatikan penempatanya agar ergonomis namun tetap terlihat cantik.

Jika ruangan anda cukup besar, maka tidak akan ada banyak masalah mengenai penempatan kompor dan sink. Anda bahkan bisa dengan leluasa mengintegrasikan kulkas, dispenser air, oven, dan microwave ke dalam kabinet kitchen set anda.

Namun jika ruangan anda terbatas atau “sempit” maka anda perlu benar-benar teliti dalam mendesain kitchen set anda.

Jika anda kesulitan menentukan dasain dan letak kompor dan sink yang tepat silakan hubungi kami atau bertanya melalui kolom “komentar” di bagian paling bawah dari artikel ini.

4. Tentukan Material & Finishing Untuk Kitchen Set Minimalis Anda

Pada tahap ini anda harusnya sudah memiliki desain untuk dapur anda, entah itu desain draft (corat-coret tangan) atau desain dalam bentuk 3 dimensi (jika menggunakan jasa kami).

Sekarang anda perlu menentukan pilihan material dan finishing untuk tiap-tiap elemen yang telah dibahas di point pertama dari artikel ini.

Mari kita bahas satu per satu.

A. Rangka Kabinet & Pintu

Berikut pilihan material yang umum digunakan dalam pembuatan rangka kitchen set di Indonesia.

Multipleks

Multipleks pada dasarnya adalah tripleks namun jauh lebih tebal. Sering dikenal dengan istilah plywood. Multipleks adalah kayu olahan yang memiliki karakter lebih kuat daripada jenis kayu olahan lainnya. Multiplex cocok digunakan untuk rangka dan pintu-pintu kitchen set anda.

Kami sangat menganjurkan penggunaan Multiplex untuk kitchen set anda karena ketahanannya. Pastikan rangka kitchen set menggunakan Multipleks dengan ketebalan minimum 15mm dan pintu-pintu kitchen set menggunakan Multipleks dengan ketebalan 18mm

Jangan gunakan Multipleks untuk pintu yang terlalu panjang karena salah satu karakter dari bahan ini adalah gampang melengkung jika penampangnya terlalu panjang. Namun masih ideal untuk pintu-pintu kabinet kitchen set ukuran standart.

Blockboard

Blockboard juga adalah kayu olahan yang bagian tengahnya terbuat dari kayu solid hutan dan di lapisi tripleks atau veneer di kedua sisinya. Ketahanan blockboard tidak sekuat Multiplex. Namun kelebihan dari blockboard adalah karakternya yang Lurus dan tidak mudah lengkung.

Blockboard cocok digunakan untuk pintu-pintu yang lebih tinggi atau panjang. Karena berat blockboard relatif ringan maka tidak akan memberi beban yang terlalu berat kepada engsel.

Namun kekurangan blockboard adalah tidak terlalu tahan terhadap rayap dan kelembapan sehingga kurang cocok digunakan sebagai rangka dasar kitchen set yang akan bresentuhan dengan lantai secara langsung.

Harga blockboard juga relatif lebih murah daripada multipleks.

MDF dan HDF

MDF dan HDF adalah serbuk kayu atau bubur kayu yang dipadatkan membentuk papan. Kelebihannya adalah kekuatannya merata di setiap bagian karena merupakan hasil cetakan. MDF dan HDF juga lebih mudah dipotong dan dibor.

Namun material jenis ini sangat rentan terhadap air dan kelembapan. Karena terbuat dari serbuk kayu, maka jika MDF dan HDF terkena air atau berada dalam ruangan yang lembab untuk waktu yang lama bahan ini bisa rusak.

Kayu Solid

Ini adalah kayu asli (bukan olahan). Jika pemilihannya tepat dan tukang yang mengerjakannya terampil maka kayu solid bisa menjadi kitchen yang tahan lama dan terlihat eksotis.

Kami jarang merekomendasikan pilihan kayu solid ini karena sulitnya menemukan kayu yang berkualitas dan juga harganya yang jauh lebih mahal daripada kayu-kayu olahan lain.

Jika anda salah memilih kayu solid makan seiring waktu kayu tersebut akan menyusut, berubah bentut, mekar, atau menjadi lengkung sehingga kitchen set anda tidak lagi nyaman digunakan dan dipandang.

Jika anda punya dana yang cukup dan anda memang paham betul jenis kayu yang bagus dan memiliki tukang yang berpengalaman menangani janis kayu solid makan silakan anda menggunakan pilihan ini.


Saran kami adalah gunakan Multipleks untuk seluruh bagian kitchen set anda jika desain kitchen set anda tidak memiliki pintu-pintu dengan ukuran yang terlalu panjang.

Jika dalam desain anda ada pintu yang cukup tinggi atau panjang gunakan blockboard hanya untuk bagian pintu tersebut saja.


B. Finishing Kabinet

Berikut finishing kabinet kitchen set yang umum digunakan di Indonesia.

HPL (High Pressure Laminate)

HPL adalah lapisan yang ditempelkan ke permukaan kayu kabinet kitchen set. Keunggulan material ini adalah:

  1. Harganya yang relatif terjangkau meskipun ada merek yang cukup mahal karena kualitasnya yang sangat baik.
  2. Anti gores sampai taraf tertentu.
  3. Banyak sekali pilihan motof dan warna.
  4. Pengerjaan yang relatif cepat.
  5. Lebih mudah di service jika terjadi kerusakan.
  6. Kesan yang elegan dan nyaman jika pemilihan teksturnya baik

Kekurangan HPL adalah sebagai berikut :

  1. Jika pengerjaan tidak telaten maka lapisan bisa terkelupas.
  2. Jika pemilihan tekstur dan warna tidak bijaksana maka kitchen set anda bisa terlihat NORAK.
  3. Pada sudut siku pertemuan 2 HPL terlihat garis hitam (bisa diatasi menggunakan edging)

DUCO Paint

Cat duco atau duco paint adalah proses pewarnaan kabinet dengan menggunakan cat yang disemprotkan secara merata.

Kelebihan dari finishing cat duco pada kitchen adalah:

  1. Kesan yang lebih mewah.
  2. Pilihan warna tak terbatas.
  3. Bisa pilih finishing glossy atau doff.
  4. Setiap sudut dan sikun kabinet akan tertutupi cat.

Kekurangan finishing cat duco adalah sebagai berikut:

  1. Harganya relatif lebih mahal karena proses yang lebih rumit.
  2. Jika tukang tidak berpengalaman hasil duco akan mengecewakan (seperti tekstur kulit jeruk).
  3. Jika menggunakan cat pelapis atau coating yang jelek maka hasilnya tidak akan tahan lama.
  4. Pengerjaan jauh lebih lama daripada HPL.

Selain HPL dan cat duco ada beberapa jenis finishing yang lain untuk kitchen set anda namun kami merassa 2 finishing diatas merupakan pilihan paling baik dari segi kualitas dan harga.


Saran kami adalah jika anda membuat kitchen set untuk rumah anda sendiri HPL adalah pilihan yang ideal. Namun jika anda memiliki dana lebih dan ingin memiliki dapur yang terkesan mewah maka cat duco bisa jadi pilihan anda. Anda juga bisa mengkombinasikan penggunaan HPL dan cat duco. Untuk konsultasi lebih jauh silakan hubungi kami.


C. Table Top atau Counter Top

Berikut bahan yang umum digunakan untuk bagian meja atas/table top/counter top kitchen set di Indonesia.

Granit dan Marmer

Granit dan marmer adalah batu alam yang dipotong. Material jenis ini sangat umum di gunakan untuk bagian table top sebuah kitchen set. Batu alam ini memiliki kilap yang alami namun membutuhkan perawatan yang baik dan telaten agar tidak rusak atau kusam. Karena memiliki pori-pori batu alam ini sangat rentan terhadap cairan berwarna seperti kopi atau teh.

Kekurangan dari granit dan marmer adalah tidak tersedia terlalu banyak pilihan warna. Biasanya granit yang tersedia hanya berwarna hitam (granit black mongol), abu (granit starwhite), atau putih (marmer cararra). Kekurangan yang lain adalah sambungan yang sangat kentara antara satu batu dengan batu lainnya.

Batu alam ini juga memiliki coraknya masing-masing. Bagi anda yang tidak terlalu suka corak yang ramai maka granit dan marmer tidak akan cocok bagi anda. Namun jika anda pecinta batu alam dan menghargai corak-corak granit dan marmer sebagai seni maka material ini cocok menjadi pilihan anda.

Solid Surface

Solid surface adalah material dengan bahan dasar resin dengan campuran beberapa bahan lain yang di cetak sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan.

Kelebihan bahan ini adalah tidak akan ada sambungan yang terlihat bahkan jika kitchen set anda cukup panjang. Solid surface juga mampu menghasilkan banyak jenis warna , corak, dan tekstur sesuai keinginan anda.

Karena pori-porinya sangat kecil maka jauh lebih tahan terhadap cairan berwarna. Saat ini solid surface menjadi pilhan favorit banyak orang untuk menjadi meja kitchen set mereka.

D. Back Splash

Berikut beberapa material yang populer digunakan banyak orang untuk tembok belakang atau back splash kitchen set mereka:

Mozaik & Kermaik

Mozaik adalah keramik dengan ukuran kecil yang di rangkai menjadi satu lembar. Mozaik memiliki banyak warna dan pilihan ukuran. Ada yang terbuat dari keramik dan ada juga yang terbuat dari kaca dan pelastik.

Kelebihan mozaik adalah tampilan yang cantik, tahan air, dan tahan panas kompor.

Anda juga bisa menggunakan keramik lantai biasa dengan corak tertentu atau keramik lantai polos untuk back splash kitchen set anda.

Cermin & Kaca

Ada beberapa jenis cermin untuk tembok belakang kitchen. Cermin yang biasa digunakan adalah cermin yang memiliki tone (warna) berbeda dari cermin yang standart.

Cermin yang sering digunakan adalah cermin berwarna coklat (brown/bronse mirror), hitam (black mirror), abu gelap (grey mirror), dan putih susu (white glasstone).

Kelebihany dari material ini adalah akan memberi kesan luas dan modern kepada kitchen set anda.

Namun cermin tidak tahan panas kompor. Itu sebabnya jika jika anda hendak menggunakan cermin atau kaca untuk backsplash kitchen set anda, pastikan khususnya di bagian kompor anda gunakan stainless stell.

  1. Rangka dan Finishing : Multipleks + HPL
  2. Meja Kitchen / Table Top : Solid Surface Hitam
  3. Back Splash : Keramik Corak
  4. Lampu Kabinet : LED Strip

 

 

Apakah harga yang kami sediakan diatas berlaku disetiap situasi dan disemua daerah Indonesia? Belum tentu. Perlu anda perhatikan bahwa bedanya kisaran harga tergantung pada banyak hal.

Misalnya apakah anda memesan kitchen set langsung kepada tukang atau kepada consultan interior atau penyedia jasa interior. Lalu perbedaan harga juga akan terjadi jika anda tinggal didaerah dimana supplier material tidak banyak tersedia sehingga harus memesan dari tempat lain.


Pesan Sama Tukang Langsung atau ke Kantor Jasa Interior ???

Nah sekarang pertanyaan terakhir adalah apa anda akan mempercayakan tukang untuk langsung mengerjakan kithcen set anda atau lebih baik menggunakan penyedia jasa interior?

Berikut kami akan jelaskan kelebihan dan kekurangan masng-masing pilihan.

Langsung sama TUKANG saja!!!???

Alasan utama kenapa banyak orang memilih langsung berhubungan dengan tukang adalah karena harga akhir yang lebih murah.

Di pulau Jawa dan Bali rata-rata harga kabinet kitchen set per meter lari berkisar di harga Rp 1.700.000 – Rp 1.900.000. Sedangkan jika anda memesan kitchen set kepada suatu instansi atau perusahaan jasa interior, harga yang ditawarkan biasanya mulai dari harga Rp 2.500.000 per meter lari. Bukankah selisih yang lumayan jika diakumulasi panjang total kitchen set yang kita buat?

Kami ingin memberikan sedikit masukan kepada anda dalam memilih kepada siapa anda akan mempercayakan pengerjaan kitchen set.

Kelebihan “Langsung sama Tukang” adalah sebagai berikut:

  1. Harga lebih murah. Untuk kitchen set ukuran sedang selisihnya bisa sampai 6-7 juta lebih murah jika anda langsung sama tukang.
  2. Jika anda mendapat tukang yang bagus dan berpengalaman hasilnya akan sama jika anda memesan di perusahaan interior.
  3. Selisih uang bisa anda belikan hal-hal lain.

Kekurangan “Langsung sama Tukang” adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus buat desain sendiri. (Kami bisa bantu anda dalam hal jasa desain kitchen set)
  2. Anda akan sedikit lebih sibuk untuk mengawasi perkembangan proyek.
  3. Anda harus berurusan dengan beberapa supplier. Mulai dari tukang kabinet, supplier dan tukang marmer/granit/solid surface, supplier kaca, tukang pasang mozaik, dan tukang pasang lampu.
  4. Anda yang harus proaktif untuk mengatur jadwal kerja dan tahapan kitchen set di instal.

Itu adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan jika memilih untuk langsung berhubungan dengan tukang dan supplier kitchen set. Jika anda memilih pilihan ini anda tidak perlu terlalu khawatir akan terjadi kesalahan yang fatal.


Tips : Jika anda memutuskan langsung ke tukang, anda bisa tanya contoh kitchen yang pernah dia kerjakan entah lewat foto atau langsung ke proyek guna memastikan kualitasnya. Tukang-tukang jaman sekarang sudah pintar dan melek teknologi. Anda bisa kontak mereka via WA/SMS/Tlpn. Pastikan anda juga tau lokasi workshop di mana mereka mengerjakan proyek mereka biasanya.


Pakai Jasa Perusahaan Interior Saja!!!

Jika anda orang yang tidak mau ribet dan punya cukup dana maka ini pilihan yang praktis. Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa perusahaan interior untuk membuat kitchen set anda.

Kelebihan :

  1. Praktis. Anda tidak perlu wara-wiri untuk pastikan semua hal dan berhubungan dengan banyak supplier.
  2. Biasanya harga mereka sudah termasuk jasa desain.
  3. Kualitas kemungkinan besar terjaga karena akan di awasi.

Kekurangan :

  1. Harga lebih mahal.
  2. Tidak semua perusahaan interior bertanggung jawab dan profesional.

Pada dasarnya perusahaan interior pun akan melempar pekerjaan kitchen set mereka ke tukang-tukang. Maka pada dasarnya pilihan apa pun yang anda ambil akhirnya akan jatuh ke tangan tukang. Namun perusahaan interior yang bagus tentu akan memiliki tukang yang bagus dan pengawasan yang baik.


Demikian artikel kami yang mengupas tuntas tentang harga dan pengadaan kitchen set untuk rumah anda.

Jika anda memiliki pertanyaaan, saran, atau kritik jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami.

Salam,

Gabriel – Admin. DekoRuang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top