skip to Main Content
Semua Hal Tentang Apa Itu HPL? Itu Adalah…

Semua Hal Tentang Apa Itu HPL? Itu adalah…

Jika anda suka dengan dunia interior, atau jika anda kebetulan sedang berencana membuat furniture seperti kitchen set atau lemari baju, maka kemungkinan besar anda pernah bahkan sering mendengar kata HPL.

Namun apa itu HPL? Mari kita kupas tuntas.

HPL Adalah High Pressure Laminate 

Waduh istilah apa lagi itu? Nah sebetulnya HPL atau High pressure laminate adalah sebuah material yang digunakan untuk melapisi permukaan furniture dalam dunia interior.

Sesuai namanya, HPL diproduksi dengan sistem press berkekuatan sangat tinggi.

Bentuk HPL adalah lembaran yang umumnya berukuran sama dengan triplek atau multiplex yaitu 120cm x 240cm.

Karena ini adalah lapisan luar furniture maka HPL bentuknya sangatlah tipis. Ketebalan HPL adalah sekitar 1mm.

HPL Terbuat Dari Apa?

Bahan dasar dari HPL adalah serbuk atau serat kayu, beberapa lapisan kertas, dan perekat berupa resin.

Semua bahan tadi disusun dan di “press” dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga menghasilkan lembaran-lembaran HPL.

Ragam Motif HPL

Dengan kemajuan teknologi dibidang produksi material furniture maka ada begitu banyak ragam motif HPL yang ada dipasaran dan bisa anda pilih.

Kebanyakan motif HPL meniru serat dan texture kayu. Anda bisa menemkan HPL dengan motif dan warna yang mirip dengan kayu jati, mahoni, wallnut, bangkirai, merbau, bahna kayu white wash.

Selain itu ada juga HPL dengan warna polos baik mengkilap ataupun doff. Belakangan HPL dengan motif stainless dan besi juga sudah ada.

Merek dan Harga HPL 

Di Indonesia bahan ini bisa ditemukan dengan berbagai merek. Salah satu merek HPL yang paling banyak digunakan oleh pelaku interior dan gudang-gudang produksi adalah merek TACO.

Merek ini banyak digunakan karena kualitasnya yang baik, pilihan motif yang sangat banyak, dan harga yang masuk akal atau terjangkau.

Selain merek TACO masih ada HPL dengan merek lain dan tentunya harga yang lebih mahal seperti Lamitak atau Arborite.

Harga HPL pun beragam. Untuk merek TACO harga perlembar mulai dari kurang lebih Rp 130.000 untuk warna polos, Rp170.000-Rp250.000 untuk kebanyakan motif kayu, dan bahkan ada yang mencapai harga Rp 600.000-Rp1.200.000 untuk beberapa motif eksklusif lainnya.

Pengaplikasian & Cara Pasang HPL

Pada umumnya HPL hampir bisa diaplikasikan di furniture dengan permukaan datar apa pun seperti kabinet kitchen, lemari baju, lemari TV, rak sepatu, meja kantor, dipan, nakas, dan partisi ruangan atau backdrop dinding.

HPL juga bisa di gunakan untuk permukaan yang lengkung. Namun jika lengkungan terlalu kecil atau extrem maka biasanya HPL akan patah karena sifatnya yang cukup kaku.

Bahan dasar untuk menempelkan HPL kebanyakan adalah multiplex atau blockboard. Cara menempelkanya relatif mudah.

Anda hanya perlu melapisi permukaan HPL dan triplek dengan lem kuning. Lalu tunggu sampai ke-2 permukaan cukup kering, lalu tempelkan HPL ke permukaan triplek secara perlahan-lahan. Gosok dan tekan permukaan HPL dengan potongan triplek kecil yang dilapisi dengan kain agar menempel dengan rata.

HPL Cocok Untuk Desain Modern & Minimalis

Karena cocok untuk bentuk-bentuk furniture yang tidak terlalu banyak detail maka HPL cocok untuk furniture dengan nuansa modern dan minimalis.

Jika anda suka gaya furniture klasik yang memilik banyak detail maka jangan gunakan HPL. Nanti bisa keriting tangan tuakng yang mengerjakan 🙂

Apa Saja Kelebihan HPL

Ada alasan yang kuat kenapa HPL menjadi bahan finishing terpopuler untuk furniture modern saat ini.

  • HPL cukup tahan terhadap goresan. Artinya anda tidak perlu khawatir permukaan furniture mudah rusak ketika mengalami benturan ringan dengan benda-benda tajam.
  • HPL sangat AWET. Awet yang saya maksud adalah permukaan HPL sangat tahan lama jika digunakan dalam ruangan. HPL tidak akan pudar atau berubah warnanya selama bertahun-tahun asal tidak terpapar sinar matahari terus-menerus.
  • Tahan AIR. Permukaan HPL tidak akan rusak jika terkena air.
  • Mudah dibersihkan. Anda tinggal menggunakan cairan pembersih ruangan biasa untuk membersihkan permukaan HPL.
  • Banyak pilihan motif. kemungkinan besar anda pasti akan menemukan motif HPL yang cocok untuk anda karena banyaknya koleksi.
  • Harga Ekonomis. Harga furniture menggunakan bahan ini tidak akan membuat kantong anda bolong.
  • Pengerjaan Cepat. Karena pengaplikasian yang mudah maka proses produksi furniture anda tidak akan makan waktu terlalu lama.

Adakah Kekurangan atau Kelemahan HPL?

Tentu saja ada. Malah anda harus paham betul kekurangan HPL agar furniture anda bisa bertahan lama. Berikut beberapa kekurangan dari High Pressure Laminate ini:

  • Mudah compel jika pengerjaan asal-asalan. Nah ini adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi dan menjadi momok bagi banyak orang. Karena karakter yang kaku maka HPL akan mudah pecah jika tersenggol pada sudut yang dikerjakan dengan kurang rapi.
  • Sudut pertemuan susah rapi. INGAT saya bilang “susah rapi” bukan tidak bisa rapi. Jika tukang anda brepengalaman maka sudut HPL bisa dibuat rapi dan kuat. Jadi ini kembali ke si mas tukang.
  • Suka kembung di beberapa tempat jika ada perubahan suhu atau aplikasi lem kurang merata.
  • Jika salah pilih motif furniture bisa terkesan murahan.

Itulah bebrapa kelemahan HPL. Sebetulnya semua kelemahan diatas bisa diatasi dengan menggunakan tukang yang berpengalaman.

Untuk masalah sudut yang kurang rapi dan cepat compel bisa diakali dengan menggunakan “Edging” yaitu lapisan PVC khusus yang lebih tebal dari HPL untuk pinggiran furniture.

Untuk masalah tampilan yang murahan juga bisa diatasi dengan menggunakan jasa desain profesional seperti saya (promoseeeeee :-)))))!!!!! )

Jika permukaan HPL kembung bisa diatasi dengan menyemprot permukaan dengan hair dryer pelan-pelan sampai lem lengket lagi lalu di gosok perlahan sampai kembungnya hilang.

Dimana Tempat Beli HPL?

HPL biasanya dijual di toko-toko yang menjual kebutuhan interior seperti engsel, handel lemari, list alumunium, rak sendok dan piring.

Nah untuk toko HPL di daerah anda saya jujur tidak tau. Anda harus browsing diinternet sendiri. Namun saya rasa akan sangat mudah menemukannya.

Tips Tambahan Dari Saya

Saya sangat sering menggunakan HPL dalam proyek interior saya. Saya mendapati bahwa aplikasi lapisan HPL paling cocok untuk furniture yang bentuknya bidang dan rata.

Apa contohnya? Ya yang paling umum adalah kithcen set, berbagai bentuk lemari atau rak, dipan yang minimalis, bahwak untuk hiasan dinding modern.

HPL akan terlihat tidak terlalu cantik jika diaplikasikan pada furniture yang memiliki banyak detail dan sudut atau permukaan kecil. Kenapa? Karena akan ada banyak sambungan sudut yang kentara.

Apa contohnya? Misalnya hiasan atau ornamen berbentuk memanjang dengan ukuran permukaan di bawah 2 cm.

Jadi ada baiknya anda berkonsultasi dengan orang yang paham masalah desain agar aplikasi HPL untuk interior anda hasilnya memuaskan.

PenutuP

Jadi apa anda sudah paham apa itu HPL? Mestinya sudah.

Semga dengan pembahasan ini anda akan lebih mudah memutuskan jenis finishing yang cocok untuk interior dan furniture anda.

Jika anda butuh jasa desain interior khususnya kithcen set maka silakan hubungi saya. Saya akan senang membantu anda.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top