skip to Main Content
Lebih Bagus Cat Duco Atau HPL

Lebih Bagus Cat Duco atau HPL

Cat Duco VS HPL

Diantara banyaknya jenis finishing furniture dan kitchen set yang tersedia saat ini tampaknya cat duco dan HPL adalah pilihan terpopuler. Maka mari kita bahas mana yang lebih bagus, cat duco atau HPL.

Bukan tanpa alasan ke-2 jenis finishing ini menjadi pilihan banyak orang. Pada dasarnya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Nah mari kita bandingkan ke-2 jenis finishing ini.

  • Kekuatan 

Banyak orang bilang cat Duco lebih kuat dan awet dibandingkan HPL. Sebenarnya jawabanya bisa ia dan bisa tidak. Proses finishing cat Duco yang baik memang melalui banyak tahapan sehingga wajar jika lapisan furniture anda akan menjadi kuat.

Namun bukan berarti finishing cat Duco 100% anti gores dan kuat terhadap apa pun. Cat Duco tetap bisa tergores jika terkena tekanan atau sentuhan keras benda tajam. Malah pengalaman saya menunjukan HPL tidak kalah kuat ketika terkena goresan benda tajam karena HPL diproduksi sedemikan rupa sehingga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap goresan-goresan.

Jadi dari segi kekuatan dan keawetan menurut saya ke-2nya sama-sama kuat.

Nah kadang kala ada tukang yang tidak melakukan semua tahapan yang benar ketika melakukan finishing cat duco. Ini bisa menyebabkan cat duco tidak terlalu kuat terhadap goresan-goresan.

  • Kerapian dan Tampilan

Nah dalam hal ini harus diakui cat Duco sedikit lebih unggul dari finishing HPL. Kenapa? Salah satu kekurangan utama dari finishing HPL adalah sulitnya membuat finishing yang rapi di sudut-sudut atau dibagian siku dari furniture. Memang beberapa bagian bisa dibuat cukup rapi menggunakan EDGING, namun banyak bagian lain tetap akan terlihat sambungan tajam dari potongan HPL.

Di sisi lain, cat duco memiliki kemampuan untuk menutup semua celah yang ada difurniture dan kitchen set termasuk bagian sudut atau siku yang ada. Ini membuat furniture terlihat lebih rapi dan elegan.

Jadi dalam hal kerapian dan tampilan cat duco sedikit lebih baik dari HPL. Namun jika tukang yang mengerjakan funiture anda ahli dan berpengalaman, HPL pun tetap bisa dibuat maksimal kerapiannya.

  • Keawetan

Karena cat duco bisa menutup semua bagian sudut, siku, dan bahkan bagian kecil lainnya dari furniture anda maka secara keseluruhan finishing cat duco bisa lebih awet.


Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Finishing HPL


Yang menyebabkan finishing HPL tidak se-awet cat duco adalah seringnya bagian sudut atau siku dari furniture terkelupas atau “compel”. Karena menggunakan lem sebagai perekat HPL juga bisa hilang daya rekatnya jika terpapar suhu yang panas dalm jangka waktu yang lama. Kemungkinan ini bisa diminimalkan jika dikerjakan oleh tenaga ahli sehingga bagian sudut dan siku dikerjakan serapi mungkin dan menjauhkan furniture dari paparan panas.

Namun jika dilihat dari sisi permukaan dalam banyak kasus HPL lebih awet. Artinya permukaan HPL akan terlihat sama seperti baru untuk jangka waktu yang cukup lama.

Cat duco (khususnya warna putih) biasanya lama-kelamaan akan mulai menguning atau kusam jika menggunakan cat atau campuran yang tidak bagus.

Untuk HPL, pastikan tukang anda menggunakan EDGING untuk setiap bagian yang memungkinkan.

  • Harga dan Lama Pengerjaan

Jika dibandingkan secara umum harga HPL cendrung lebih murah sehingga HPL adalah pilihan yang ekonomis. Pengerjaan finishing HPL juga cendrung lebih cepat karena hanya tinggal dilem ke permukaan furniture.

Karena proses yang cukup rumit maka finishing cat duco akan memakan waktu yang lebih lama. Harganya juga lebih tinggi daripada finishing HPL.

Sebagai catatan singkat, ada juga HPL yang harganya lebih mahal dari cat duco. HPL dengan kulitas premium dan buatan luar negri cendrung lebih berkualitas tapi juga jauh lebih mahal.

Jika menggunakan HPL standart yang ada dipasaran Indonesia maka akan lebih murah dari pada cat duco.

  • Pilihan warna dan Textur

Cat duco hanya tersedia dalam warna-warna polos atau solid.

Sedangkan ada cukup banyak pilihan texture dan motif jika anda memilih finishing HPL.


Kesimpulan dan Saran

Nah setelah tau kelebihan dan kekurangan dari finishing cat duco dan HPL saya harap anda bisa menetukan mana yang akan anda pilih.

Pada dasarnya keduanya sudah cukup bagus untuk pemakaian sehari-hari. Cat duco memang akan terlihat lebih mewah dan elegan. Namun jika didesain dengan baik HPL juga tidak kalah menawan.

Jadi mana yang harus saya pilih? Berikut sedikit saran dari saya.

Pilih cat Duco jika:

  1. Dana anda cukup banyak
  2. Anda suka warna-warna solid atau polos
  3. Anda orang yang rapi dan telaten
  4. Anda mau furniture yang terkesan mewah dan elegan
  5. Anda tidak keberatan menunggu lebih lama

Pilih HPL jika:

  1. Dana anda terbatas
  2. Anda lebih suka texture yang variatif (texture kayu misalnya)
  3. Anda lebih suka kesan hangat
  4. Anda mau furniture anda selesai cepat

Nah diluar semua saran saya, pada akhirnya semua tergantung selera anda dan tampilan dan desain rumah anda saat ini.

Saya pribadi sering menggunakan ke-2 bahan ini dalam proyek-proyek saya. Selama direncanakan dan didesain dengan baik juga matang, maka finishing cat duco dan HPL bisa memberi hasil yang memuaskan.

Jika anda butuh bantuan dalam mendesain kitchen set atau interior rumah anda silakan hubungi saya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top