Ukuran Kitchen Set Minimalis Standart – Jangan Sampai Salah!

Jika anda berencana membuat atau mendesain dapur sendiri jangan lupa untuk mengetahui terlebih dahulu ukuran kitchen set standart.

Kenapa ini penting?

Jika kabinet dan elemen lain dari kitchen set anda tidak mengikuti ukuran standart maka besar kemungkinan dapur anda tidak akan nyaman ketika digunakan.

Nah ada beberapa elemen dari kitchen set yang perlu anda ketahui dimensi atau ukuranya, mulai dari tinggi kabinet, lebar kabinet, jarak antara kabinet bawah dan atas, jarak antara kompor dan sink, luas minimal untuk working space, jarak minimal antar kabinet atau meja agar nyaman dilewati, dan lain-lain.

Nah mari kita mulai pembahasan mengenai ukuran kitchen set ini. Semua tulisan, tips, dan trik ini berasal dari pengalaman saya sendiri mebuat kitchen set selama 9 tahun.

1. Ukuran Standard Kabinet Bawah Kitchen Set

Kabinet bawah adalah bagian terpenting dan utama dari sebuah dapur. Kenapa? Karena disinilah hampir semua kegiatan memasak terjadi. Mari lihat ukuran standart untuk kabinet bawah.

“GAMBAR”

  • Tinggi kabinet bawah berkisar antara 80cm – 92cm. Saya sendiri biasanya menggunakan tinggi 90cm karena ini cukup nyaman untuk orang asia. Tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Namun kembali lagi ke pengguna. Jika pengguna kitchen ini tinggi tubuhnya melebihi 180cm maka lebih nyaman menggunakan tinggi kabinet bawah 100cm.
  • Lebar dari kabinet bawah kitchen set standartnya adalah 60cm-65cm. Namun tidak jarang yang lebarnya sampai 70cm. Jika terlalu lebar akan terlihat tidak seimbang dengan kabinet atas dan akan memakan terlalu banyak ruang. Kebanyakan sink dan kompor yang ada dipasaran Indonesia dapat diinstal dengan baik dikabinet dengan lebar 60 cm.
  • Tinggi Plint kitchen pada umumnya mulai dari 5cm-15cm. Plint ini adalah bagian paling bawah dari kabinet yang bersentuhan langsung dengan lantai. Kenapa saya tulis 5cm untuk ukuran terkecil? Karena dibanyak kasus, pemilik rumah sudah memiliki meja beton untuk kitchennya. Nah karena meja beton sudah cukup tebal, maka ruang untuk kabinet bawah tersisa tidak terlalu banyak, jika plint dibuat 15cm maka ukuran pintu dan laci akan jadi kecil.

Catatan: Tinggi dan lebar yang disebutkan diatas sudah termasuk kabinet dengan top table.

2. Ukuran Standart Kabinet Atas Kitchen Set

Kabinet atas seringkali menjadi tempat penyimpanan barang mulai dari piring, gelas, bumbu makanan, cemilan dan lain-lain.

“Gambar”

  • Tinggi kabinet atas umumnya berkisar dari 60cm-90cm. Pada dasarnya tinggi kabinet atas ini benar-benar terserah anda. Jika ingin menekan dana bahkan bis di buat 45cm saja. Ada juga yang ingin kitchen setnya mencapai plafon dengan begitu tingginya bisa mencapai 130cm-140cm.
  • Lebar kabinet atas berkisarn antara 30cm-45cm. Nah lebar kabinet ini sangat vital untuk diikuti. Karena jika melewati ukuran standart maka kepala anda bisa terbentur kabinet atas karena terlalu menjorok keluar.

3. Jarak Antara Kabinet Bawah dan Atas / Backsplash 

Ukuran umum untuk backsplash kitchen set mulai dari 50cm hingga 70cm. Saya sendiri paling sering menggunakan jarak 60cm.

Jarak antara kabinet bawah dan atas ini sangat perlu diperhatikan. Jika terlalu tinggi anda akan kesulitan merah barang dari kabinet atas. Jika terlalu rendah maka kegiatan memasak anda akan terganggu.

Menurut saya 60cm adalah jarak terbaik.

4. Ukuran Kabinet “Tower”atau Kabinet Kulkas

Kabinet tower adalah kabinet yang menjulang dari bawah sampai atas tanpa terputus. Biasanya kabinet ini digunakan sebagai tempat kulkas, dispenser, atau sekedar tempat penyimpanan barang-barang besar.

“Gambar”

  • Tinggi dari kabinet ini biasanya mengikuti titik tertinggi dari kabinet atas. Dengan kata lain tingginya adalah jumlah dari tinggi kabinet bawah, kabinet atas, dan backsplash. Biasanya tinggi maksimum yang saya buat adalah 240cm karena ukuran triplek juga segitu.
  • Lebar dari kabinet tower biasanya berkisar antara 60cm-75cm. Biasanya sy menentukan lebarnya dari ukuran kedalaman kulkas. Jika kedalaman kulkas sisi luar sampai 70cm maka lebar kabinet saya buat 72cm-75cm. Kenapa? Supaya badan kulkas tidak terlalu menjorok keluar dari kabinet dan agar ada cukup ruang sirkulasi di sisi belakang kulkas.

5. Tinggi Kitchen Bar

Jika desan dapur anda memiliki bar-nya maka pastikan tingginya benar.

Ukuran tinggi meja bar pada kitchen set harusnya berkisar antara 100cm-120cm. Itu adalah ukuran ternyaman dengan menggunakan kursi bar. Saya sendiri paling sering menggunakan tinggi 110cm.

Jika terlalu rendah maka anda akan membungkuk pada saat duduk di kursi bar.

“Gambar”

6. Jarak Minimal Dari Sink ke Kompor

Nah ini kasus yang sering saya jumpai, yaitu ruang dapur yang ada cukup sempit sehingga kompor dan sink mau tidak mau harus berdekatan.

Tidak ada aturan standart untu jarak antara kompor dan sink, tapi selama ini saya menemukan bahwa jarak minimal yang masih bisa dikatakan nyaman antara kompor dan sink adalah sekitar 40cm-50cm.

Sink dekat dengan air, kompor dekat dengan api. Maka pastikan tidak terlalu dekat.

Jika dapur anda cukup luas maka pastikan jarak kompor dan sink lebih besar, malahan jika bisa disisi yang berbeda.

Tips: Jika dapur anda kecil anda bisa menggunakan sink yang kecil (1 bowl/45cm) dan kompor 1 tungku dengan type domino agar masih tersisa ruang kerja yang cukup luas.

7. Ukuran Pintu dan Laci Kitchen Set

Ini salah satu elemen dapur yang sering kali diabaikan ketika proses desain.

  • Ukuran Pintu Kitchen Set

Panjang pintu sebuah kitchen set mestinya tidak kurang dari 30cm. Dibawah 30cm maka pintu kitchen tidak akan nyaman digunakan dan akan sangat terbatas fungsinya sebagai temapt penyimpanan.

Panjang pintu kitchen set juga baiknya tidak lebih dari 60cm. Jika lebih panjang maka ketika dibuka akan memakan terlalu banyak ruang dan akan memberatkan engsel pitu.

Panjang paling nyaman dan ideal sebuah pintu kitchen set adalah 45cm-50cm. Dengan ukuran ini pintu akan terlihat proporsional dan enak digunakan.

  • Ukuran Laci Kitchen Set

Tinggi laci terkecil baiknya adalah 14cm. Biasanya laci dengan ukuran ini cocok untuk penyimpanan sendok, garpu, dan pisau.

Tinggi laci terbesar baiknya adalah 35cm-40cm. Laci seperti ini cocok untuk penyimpanan panci, piring, gelas, mangkok, dan bahan makanan lain.

Panjang terkecil dari sebuah laci baiknya adalah 30cm dan dengan panjang maksimum 90cm. Jika lebih pendek atau lebih panjang dari ukuran diatas maka akan terlihat kurang proporsional.

Catatan: Tentu saja dalam setiap desain kitchen set bisa jadi ada pengecualian ukuran karena satu dan lain hal. Jika pun harus terjadi, biasanya akan ada 1 pintu atau 1 deret laci yang ukuranya tidak standart.

8. Jarak Kabinet dengan Meja Island

Jika kithcen set anda memiliki meja island maka perhatikan jarak dari tepi kabinet bawah ke tepi meja island.

Jarak ideal terkecil adalah 120cm. Kenapa 120cm? Asumsinya pintu terpanjang kabinet bawah dan meja island adalah 60cm masing-masing. Jadi jika dibuka berbarengan (meskipun kecil kemungkinan) tidak akan saling terbentur.

“Gambar”


Apakah memungkinkan membuat kitchen set diruangan yang sempit dan kecil? Jangan sungkan-sungkan untuk menggunakan jasa desain kitchen saya. Saya akan bantu untuk desainkan solusi terbaik untuk dapur anda.

About admin

Check Also

7 trend kitchen untuk dihindari

7 Trend Desain Kitchen Set Yang Ketinggalan Jaman

Jangan Bikin Desain Kitchen Set Kamu Ngebosenin – Hindari 7 Trend Ini! Trend desain kitchen …

4 comments

  1. Kalau pesan Kitchen Set pakai Granit / Solid Surface berapa Om ?

  2. Atau ada nomer WA yg bisa saya hubungi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.